Social Icons

BI Berhasil Tekan Rupiah ke Rp9.800


JAKARTA - Langkah Bank Indonesia (BI) untuk menaikkan BI rate menjadi 6 persen dan Fasbi menjadi 4,25 persen tak sia-sia. Nilai tukar rupiah pun sekarang ini berada di level Rp9.800-an per USD.

Menurut Bloomberg, rupiah berada di level Rp9.885 per USD. Semantara menurut kurs tengah Bank Indonesia (BI), rupiah melemah ke Rp9.887 dari periode sebelumnya Rp9.856.

Menurut yahoofinance, rupiah ada di level Rp9.878 per USD. Di mana kisaran perdagangan harian ada di Rp9.875-Rp9.964.

Nilai tukar rupiah ini relatif menguat ketimbang beberapa waktu terakhir yang tertekan sampai ke Rp10 ribu per USD. Gubernur BI Agus Martowardojo menegaskan lembaga yang dipimpinnya akan terus menjaga kestabilan rupiah. Bahkan, BI, mengaku akan terus intervensi agar rupiah menguat.

"Kita akan lakukan intervensi agar rupiah bisa mencerminkan fundamental perekonomian kita. Kalau diperlukan kebijakan BI akan melakukan berbagai kebijakan khusus. Misalnya rapat dewan gubernur BI  memutuskan BI rate ditingkatkan 25 basis poin," kata Agus.

Dalam kesempatana itu, Agus juga menjelaskan kondisi bursa maupun rupiah yang saat ini tertekan, lebih disebabkan oleh kondisi perekonomian global

okezone

No comments:

Post a Comment