Social Icons

iTunes U Tembus 1 Milliar Unduhan

detail berita

WASHINGTON - Popularitas katalog pendidikan online milik Apple, iTunes U, mampu menembus hingga 1 milliar unduhan pada tahun ini. Diumumkan perdana di California pada 30 Mei 2007 silam, layanan ini sengaja ditujukan Apple bagi siswa perguruan tinggi atau universitas untuk mencari informasi tentang pendidikan.

Kamis (1/3/2013) kemarin, Apple mengumumkan bahwa iTunes U telah mencapai lebih dari 1 miliar item yang diunduh dari katalog. Hal tersebut menjelaskan bahwa item yang diunduh pada katalog iTunes U, memiliki  kenaikkan sebanyak 300.000 unduhan dari Agustus 2010.

Layanan yang mendapatkan aplikasi khusus pada awal tahun lalu, memungkinkan beberapa guru terpilih untuk meng-upload dan mendistribusikan konten pendidikan untuk siswa mereka sendiri atau secara umum. Konten video mengenai pendidikan ini tersedia dalam beberapa format, bisa dalam bentuk video, file audio dan PDF  yang akan didistribusikan secara gratis.

Apple sendiri mengklaim, sekira 1.200 perguruan tinggi termasuk lembaga elit seperti Yale, MIT dan Oxford, 1.200 sekolah dari 2.500 program publik yang menggunakan layanan iTunes U mereka. 

Seperti dikutip dari Mashable, Jumat (1/3/2013), saat ini iTunes U telah tersedia di 30 negara, bahkan 60 persen unduhan pada iTunes U berlangsung di luar AS, hal ini menjelaskan bahwa iTunes mengalami pertumbuhan secar internasional yang cukup besar.